Pelajaran tentang S.W.O.T atau Strength.Weakness.Opportunity.Threat ini pernah gue dapet di pelajaran kewirausahaan di SMK Telkom Jakarta, tapi ya kalau disana cuma teori, lagian gue juga gak terlalu nanggepin soalnya terlalu ngawang ngawang ilmunya (saat itu).
beda halnya ketika di YEA. ketika materi SWOT dipaparkan langsung sama Direktur (Kepala Sekolah) YEA, semuanya serasa nyata *yaelah. Maksudnya nyata itu ya sistem analisis ini dicontohkan untuk diterapkan di usaha usaha yang termasuk UKM sehingga kita gak terlalu ngawang ngawang. beda halnya dengan SWOT yang diajarkan di SMK yang menganalisis usaha yang badan hukumnya tuh udah PT. / usaha yang udah besar.
setelah dijelaskan semua hal tentang analisis SWOT ini, kita dibagi menjadi 5 kelompok tiap kelas. guna kelompok ini adalah menganalisis 1 usaha yang ada di daerah sekitar kampus.
inilah enaknya di YEA, kita gak cuma dengerin materi terus pulang. di YEA, sebelum ilmu itu ilang entah kemana kita diharuskan untuk mempraktekan ilmu itu dilingkungan bisnis yang sebenarnya.
saat itu gue satu kelompok dengan mas hendry, mba sabrina, dan algi. kita diharuskan untuk menganalisis SWOT usaha kuliner di sekitar kampus. cocok banget nih! berhubung usaha yang pengen gue bangun adalah kuliner, gue bener bener berusaha buat memahami tentang SWOT di usaha bidang kuliner ini.
setelah diskusi yang sangat cepat akhirnya kita memutuskan untuk menganalisis usaha kuliner bernama 'Steak Ranjang' di jalan Dipati Ukur.
sore itu juga sekitar jam 5 kita datangi Steak Ranjang itu dan berhubung kita sekelompok belum makan sore kita makan dulu disana. lumayan lah murah dengan uang 25rb bisa dapet Steak dengan minum jus jeruk susu.
sambil makan kita semua menganalisis apa yang bisa kita lihat dari restoran tersebut, mulai dari kebersihan, pelayanan, dan kualitas makanan. setelah menganalisis secara pengamatan, selanjutnya kita melakukan analisis dengan cara wawancara atau bertanya dengan pemilik restoran Steak Ranjang tersebut.
tapi ternyata owner 'Steak Ranjang' itu lagi gak ada di tempat, kita cuma diberi nomer HP dan nama sang owner. setelah berdiskusi dengan teman sekelompok akhirnya kita memutuskan untuk bertanya sama kasirnya aja, kali aja dia tau. untungnya sih kasirnya itu adalah adik si owner jadi yaa tau lah sebagian tentang bisnis Steak Ranjang itu.
data sudah didapat dan selanjutnya kita balik lagi ke kampus YEA buat mendiskusikan data mentah yang telah kita dapat. Btw kampus YEA kayaknya sih gak tutup tutup, kita bebas ngerjain tugas nyampe malem di kampus ini, enak kan?? :)
diskusi kelompok kita gak terlalu alot soalnya memang kita udah sepaham (gak tau karna udah cape jadi iya iya aja) dan sekitar jam 9 malam kita baru selesai dan pulang dari kampus YEA
selesai tadi tuh baru selesai di penentuan mana Strength, mana Weakness dll. belum dimasukin ke bentuk power point, dan ini lah tugas gue buat ngebikin format power pointnya. setelah mengerjakan dengan serius dan penuh tanggung jawab akhirnya presentasi itu selesai sekita jam 11 malam -__-
besoknya................
Sumber: @YEAindonesia |
sekarang waktunya untuk presentasi, tiap kelompok udah siap dan maju persatu untuk mempresentasikan hasil analisis SWOT masing-masing. jadwal yang harusnya selesai jam 12 siang molor nyampe jam 3 sore. (inilah kehidupan YEA, tak terikat oleh waktu)
gue disini gak akan ngejelasin tentang isi presentasinya tapi bakal ngebahas sedikit tentang SWOT itu. SWOT ini berguna disaat bisnis itu belum berjalan maupun udah berjalan. saat bisnis kita belum berjalan SWOT ini dapat digunakan untuk mengurangi resiko/salah jalan saat kita membuka bisnis. Sedangkan ketika bisnis sudah berjalan analisis SWOT ini bisa digunakan untuk mempertahankan kehidupan bisnis, bersaing dengan kompetitor, atau meningkat omzet berkali lipat. beda tujuannya beda juga nanti isi analisisnya
selain tujuan SWOT diatas sempet juga gue diskusi bareng temen sekelompok bahwa SWOT ini bagus dikombinasikan dengan sistem ATM (Amati Tiru Modifikasi). kita tinggal ATM suatu usaha yang berprospek bagus lalu analisis SWOT nya. kita tutupi Weaknessnya dan memanfaatkan semaksimal mungkin Opportunity nya. ketika kita buka bisnis itu ya DOR langsung laris!! (itu teorinya)
kata kata penutup dari gue di postingan ini yaitu, pantes banget YEA buka kampus di Bandung. kita keliling dikit aja banyak banget bisnis yang kreatif dan ANEH bin nyeleneh. menurut gue Bandung itu gila! gila ide dan inovasi
.
..
.
.
.
Cewenya juga gila-gila cantiknya :)
Ebook GRATIS!!
7 Hari Jadi Juragan oleh Jaya Setiabudi KLIK DISINI
5 Jurus Jitu Dongkrak Profit oleh Jaya Setiabudi KLIK DISINI
0 comments:
Post a Comment